Tutorial Instal Driver Laptop

tutorial instal driver
Photo by Samsung Memory on Unsplash

Tutorial instal driver laptop – Driver merupakan perangkat lunak yang perlu Anda instal pada komputer sebelum menggunakan perangkat keras tertentu. Driver ini bertugas sebagai pengontrol fungsi setiap perangkat keras yang ada di komputer agar bisa berinteraksi dengan sistem operasi yang berjalan. Sehingga pengguna bisa mengoperasikan perangkat keras tersebut sesuai dengan fungsinya. Oleh karena itu, Anda perlu memahami dengan baik tutorial instal driver laptop agar tidak salah dalam pemasangannya.

Menginstal driver sebenarnya sangat mudah asalkan Anda tahu berkas penginstalan driver yang tepat untuk perangkat Anda. Karena setiap perangkat keras memiliki driver dan vendornya sendiri.

Tutorial Instal Driver Laptop Termudah dan Tercepat

Untungnya, Anda hanya perlu menginstal driver dalam salah satu dari dua kasus berikut:

Anda baru saja membeli dan memasang perangkat keras baru, dan itu tidak berfungsi dengan benar. Driver yang dikemas dengan suku cadang yang baru dibeli biasanya sudah tua.

Kunjungi situs web produsen, unduh driver terbaru, dan instal. Kemungkinannya bagus bahwa driver baru memperbaiki masalah dengan set driver pertama.

Anda telah memasang gadget baru yang tidak dikenali Windows. Melacak dan menginstal driver terbaru seringkali dapat memperbaiki masalah

Berikut ini adalah dua cara mudah untuk memasang driver laptop segala perangkat dan merk. Perhatikan dengan baik agar Anda tidak salah dalam mendapatkan berkas pemasangan driver perangkat keras tertentu.

Download Driver dari Situs Resmi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunjungi situs resmi dari perangkat laptop Anda. Setiap merk laptop pasti memiliki situs resminya yang mana terdapat berkas pemasangan dari driver.

Anda bisa mencari menu untuk mendownload driver perangkat keras yang Anda butuhkan di situs tersebut. Pastikan Anda sudah menyesuaikan model dan tipe perangkat laptop sebelum mendownload.

Buka berkas pemasangan  tersebut dan proses untuk diinstal di perangkat Anda. Proses penginstalan sangat sederhana dan Anda hanya perlu mengikuti pe

Aplikasi Pihak Ketiga

Bagi Anda yang kesulitan  untuk menemukan driver yang cocok untuk laptop bisa memilih aplikasi pihak ketiga. Macamnya ada banyak sekali dan Anda bisa dengan bebas memilih aplikasi pemasang driver yang mudah dioperasikan.

Download aplikasi pemasang drivernya dan instal di laptop Anda. Begitu Anda membuka aplikasi tersebut, maka akan langsung memulai proses scan untuk melihat driver yang laptop Anda butuhkan secara otomatis.

Kemudian, Anda hanya perlu memberikan perintah penginstalan terhadap kekurangan driver yang ditunjukkan oleh aplikasi.

Kunjungi Situs Web Produsen Suku Cadang

Anda sering menemukan situs web produsen dicap di suatu tempat di kotak suku cadang. Jika Anda tidak dapat menemukannya, cari nama produsen suku cadang di Google dan temukan situs webnya.

Lihat di area Dukungan, Unduhan, atau Layanan Pelanggan situs web. Di sana, Anda biasanya perlu memasukkan nama bagian Anda, nomor modelnya, dan sistem operasi komputer Anda (Windows 10) sebelum situs web mengeluarkan driver.

Tidak ada driver Windows 10 yang terdaftar? Coba unduh driver Windows 8.1, 8, atau 7, sebagai gantinya — terkadang juga berfungsi dengan baik.

Klik Perangkat Anda Pada Device Manager

Kemudian klik Action dari bilah menu Device Manager dan pilih Add Legacy Hardware dari menu drop-down. Add Hardware Wizard memandu Anda melalui langkah-langkah menginstal perangkat keras baru Anda dan, jika perlu, menginstal driver baru Anda.

Namun, berhati-hatilah: Metode terakhir untuk menghidupkan kembali bagian yang bermasalah ini dapat membuat frustrasi teknisi berpengalaman sekalipun.

Tutorial Instal Driver dan Update di Laptop

1. Lewat Update Windows

Pertama kamu dapat melakukan update Windows, supaya driver yang ada di laptop tersebut diperbarui juga secara otomatis. Mulai dari driver wirelessaudio, LAN dan lainnya akan ikut diperbarui juga. Dengan catatan kamu membutuhkan internet yang stabil, supaya hasil update-nya dapat berjalan maksimal. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama klik Start.
  2. Selanjutnya pada kolom pencarian, cari dan buka Control Panel.
  3. Lalu, kamu pilih System and Security.
  4. Kemudian, kamu klik Windows Update.
  5. Setelah itu, jika pembaharuan tersedia kamu bisa klik Download. Jika tidak ada, kamu bisa klik Check for Updates.
  6. Jika sedang update kamu tunggu prosesnya hingga berhasil.
  7. Setelah update selesai, maka semua versi driver juga akan diperbarui.

2. Menggunakan Device Manager

Driver dari semua komponen laptop kamu akan terdeteksi di Device Manager. Di sini kamu bisa update driver tersebut satu-satu. Caranya begini:

  1. Di kolom pencarian Windows ketik Device Manager, lalu buka.
  2. Kemudian, kamu pilih driver yang ingin kamu update. Misalkan, driver mouse kamu bisa klik dua kali pada Mice and other pointing devices.
  3. Lalu klik kanan pada salah satu perangkatnya dan klik Update Driver Software.
  4. Selanjutnya klik Search automatically for updated driver software.
  5. Jika ada driver yang bisa di-update kamu ikuti saja panduannya. Jika tidak ada, kamu bisa klik Close.
  6. Itu berarti driver sudah yang uptodate.
  7. Lalu, akan muncul pop-up untuk melakukan restart kamu klik Yes.

Demikianlah tutorial instal driver laptop yang bisa Anda pahami. Silakan ikuti cara yang menurut Anda paling mudah dan bisa Anda praktekkan sendiri.