Tutorial Custom Tema Windows Pakai Rainmeter

tutorial custom tema
Photo by Andrew Neel on Unsplash

Tutorial Custom Tema – Pernahkah Anda merasa bosan dengan tampilan bawaan Windows? Bila pernah, maka itu artinya Anda sudah saatnya untuk mengganti tampilan tersebut. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa tampilan Windows bisa diubah-ubah dengan sesuka hati yang mana bukan sekedar mengganti wallpaper saja. Tutorial custom tema Windows akan membantu Anda untuk mendapatkan tampilan yang lebih segar dan menarik.

Mengubah tampilan ini Anda akan membutuhkan bantuan dari aplikasi pihak ketiga karena Windows sendiri tidak menyediakannya. Tidak perlu khawatir karena aplikasi ini aman dan tidak membahayakan perangkat.

Tutorial Custom Tema Windows

Langkah-langkah untuk mengubah tema Windows  Anda tidaklah sulit dan semua orang pasti bisa melakukannya. Anda hanya perlu mempersiapkan semua kebutuhan pergantian tema dengan baik, maka tampilan Windows Anda pasti bisa jadi lebih keren.

Berikut ini adalah langkah-langkah beserta kebutuhan Anda untuk mengubah tampilan Windows.

Download Rainmeter di Situs Resminya

Hal pertama yang harus Anda lakukan tentu adalah mengunduh berkas pemasangan Rainmeter tersebut. Kunjungilah rainmeter.net dan pilihlah versi yang kompatibel dengan perangkat komputer atau laptop Anda.

Setelah proses download selesai, Anda bisa langsung memasang aplikasi Rainmeter dengan mengikuti petujuk penginstalannya. Nah, dari pemasangan ini Anda sudah bisa mengatur sedikit tampilan dari Windows menjadi ‘berbeda’. Tetapi karena itu hanya berkas masternya saja, maka tidak banyak perubahan yang bisa Anda lakukan.

Download Tema Rainmeter

Nah, tema dari Rainmeter inilah yang akan memberikan perubahan besar terhadap tampilan Windows Anda. Downloadlah tema yang sesuai dengan selera Anda melalui situs visualskins.com.

Jangan lupa untuk menyesuaikan temanya dengan sistem operasi yang ada di perangkat komputer atau laptop Anda. Karena bila sistem operasinya tidak sesuai besar kemungkinan terdapat beberapa fitur dari tema yang tidak bisa berjalan dengan baik.

Rainmeter juga bisa Anda manfaatkan untuk menambahkan widget-widget tertentu pada tampilan desktop.

Rainmeter dan Software Pihak Ketiga

Ada tema, dan ada pengalaman desktop. Aspek hebat lainnya dari Rainmeter adalah ia bekerja dengan baik bersama-sama dengan program lain juga. Simak yang berikut ini, misalnya.

Background — Mungkin sulit untuk dilihat, tetapi latar belakang sebenarnya adalah video cinemagraph yang dibuat dengan cepat yang diimplementasikan melalui Mesin Wallpaper Steam yang berperingkat tinggi. Wallpaper Engine membuat wallpaper dari gambar, GIF, dan video (dengan atau tanpa audio).

Keystroke Launcher — Ketika datang ke peluncur aplikasi, saya lebih suka pendekatan yang halus. Program Launchy menyediakan peluncur keystroke yang komprehensif dan sangat dapat disesuaikan. Anda juga dapat membuat peluncur aplikasi khusus Anda sendiri di dalam Rainmeter.

Point Cloud Earth — Model bumi berputar tambahan sebenarnya tidak memerlukan perangkat lunak pihak ketiga. Ini bernama Hologram, dan Anda bahkan dapat membuat model cloud titik Anda sendiri menggunakan file model 3D pilihan Anda! Jika Anda merasa kulitnya membingungkan, inilah artikel untuk memandu Anda.

Sementara contoh seperti di atas dapat dicapai dalam beberapa menit, menggabungkan Rainmeter dengan aplikasi pihak ketiga secara mulus akan memakan waktu sedikit lebih lama daripada hanya menggunakan Rainmeter.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan, dan seberapa dalam Anda bersedia untuk pergi, sepenuhnya terserah Anda.

Rainmeter adalah perangkat lunak kustomisasi Windows: ringan, luas, dan mudah dimainkan. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk membiasakan diri dengan fitur dan pustaka kodenya, semakin baik tema Anda. Yang terbaik dari semuanya, gratis.

Cara Custom Tema Windows UltraUXThemePatcher

Aplikasi bernama UltraUXThemePatcher perlu diunduh terlebih dahulu agar tema pihak ketiga dapat diinstal. Ini memodifikasi file tertentu di Windows 10 yang bertanggung jawab untuk memodifikasi antarmuka pengguna, tetapi mengembalikan ini kembali normal jika UltraUXThemePatcher dihapus.

Setelah terinstal, Anda dapat menuju ke DeviantArt atau ThemePack dan mencari tema yang paling cocok untuk Anda.

Setelah Anda menemukan tema yang Anda suka, letakkan di ‘Windows\Resources\Themes’.

Mulai ulang PC Anda, lalu buka Pengaturan> Personalisasi> Tema, dan mereka akan muncul di samping varian resmi, siap untuk diterapkan.da juga aplikasi lain yang perlu kami sebutkan yang dapat menampilkan desktop Anda lebih jauh.

Wallpaper Engine

Wallpaper Engine (terbuka di tab baru) menampilkan sejumlah besar latar belakang animasi, tempat Anda dapat mengunduh lebih banyak lagi, berkat integrasi Steam Workshop di mana banyak pengguna telah menyumbangkan desain mereka sendiri. Anda dapat menjadwalkannya untuk menampilkan wallpaper yang berbeda untuk setiap hari jika Anda mau, atau waktu tertentu sepanjang hari.

Anda dapat menyesuaikan warna, objek, kecepatan pemutaran animasi, dan banyak lagi. Ini bahkan berfungsi di beberapa monitor, jadi Anda bisa memiliki wallpaper yang memiliki animasi yang berjalan di semua layar Anda, membuat efek yang mencolok.

Itulah tutorial custom tema Windows termudah menggunakan aplikasi Rainmeter. Silakan berkreasi untuk menciptakan sebuah tampilan Windows baru yang sesuai dengan selera Anda.