Tips Edit Video di Reels Untuk Pemula

fitur baru di instagram
Photo by Claudio Schwarz on Unsplash

Tips edit video di reels – Pada pertengahan tahun 2021 lalu, Instagram telah meluncurkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah video pendek.  Konsep dari fitur bernama Reels yang satu ini hampir mirip bisa Anda sandingkan dengan aplikasi berbagi video pendek bernama TikTok. Sejak peluncuran pertamanya, fitur yang satu ini berhasil mendapatkan tempat tersendiri, bahkan banyak yang mencari tips edit video di reels.

Apalagi kabar beredar bahwa algoritma Instagram lebih mengutamakan video pendek yang ada di Reels daripada hanya sekedar foto saja. Tentunya ini membuat semangat para konten kreator dan pengguna Instagram. Untuk berlomba-lomba menciptakan video terbaik. Di aplikasi instagram sendiri sudah tersedia fitur untuk merekam dan melakukan editing video sederhana.

Nah, agar bisa mendapatkan hasil video Reels yang bagus, maka Anda harus mengetahui dengan baik fitur-fitur tersebut. Anda tentu tidak bisa menggunakannya apabila Anda bahkan tidak mengetahui keberadaannya, bukan?

Rekomendasi Aplikasi Editing Video untuk Reels Instagram

Sekarang pengguna Instagram menghabiskan lebih banyak waktu untuk menggulir Reel untuk melihat video cepat, memanfaatkan fitur untuk kampanye pemasaran tidak pernah lebih penting.

Namun, mengedit langsung di Reels tidak selalu merupakan proses yang mulus karena editor asli Reels itu sendiri masih kurang dan cukup terbatas. Jadi, Anda sebagai pemasar harus membuat video yang menonjol dari klip lainnya.

Aplikasi Kinemaster

Jika Anda sendiri seorang perfeksionis dan ingin Gulungan Anda terlihat sempurna, terlihat profesional, dan beresolusi tinggi, Anda mungkin perlu menggunakan KineMaster. Alat ini memiliki semua yang Anda butuhkan untuk membuat konten yang terlihat profesional, termasuk efek suara dan merekam voice-overs (fitur Instagram Reels masih kurang).

Anda dapat menggunakannya untuk memotong klip dari acara yang direkam sebelumnya atau membuat animasi unik dengan antarmuka seret & lepas yang mudah. Ini juga menawarkan fitur seperti masker bentuk (untuk menambahkan bentuk/logo), hamparan teks, transisi antar adegan, dan grafik gerak.

Aplikasi FilmoraGo

Filmora adalah alat pengeditan video yang cukup populer. Perusahaan kemudian membuat versi seluler yang disebut FIlmoraGo yang memungkinkan pengguna untuk mengedit dan membuat video yang menakjubkan di ujung jari mereka. Anda dapat menambahkan teks animasi, stiker, hamparan teks, dll., untuk membuat Reel Anda lebih menarik.

Alat ini juga memberi Anda perpustakaan musik bebas royalti, sehingga Anda dapat menggunakan musik latar yang tepat untuk mengatur nada Reel dan membangkitkan emosi pemirsa dengan konten Anda.

Tips Edit Video di Reels untuk Dapatkan Banyak Viewers

Sebenarnya untuk mendapatkan video Reels yang bagus, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi edit video tertentu yang canggih. Hal yang Anda butuhkan adalah konsep video yang matang dan materi menarik di video tersebut. Maka, sesederhana apapun pengeditannya asalkan rapi dan enak untuk ditonton pasti akan mendapat banyak viewers. Namun, tidak ada salahnya pula untuk menyimak beberapa tips edit video berikut ini.

Menambahkan Musik Latar di Video

Ketika Anda menyampaikan informasi tertentu dalam bentuk video akan menjadi lebih menarik bila Anda menambahkan musik. Anda bisa memperkuat kesan informasi yang Anda sampaikan dengan penambahan musik tersebut. Tetapi tentu saja, Anda harus mencocokan feel dari informasi dan musiknya terlebih dahulu dengan baik. Karena akan sangat tidak lucu bila Anda memasukkan musik yang semangat untuk informasi mengenai kesedihan.

Hal yang lebih bagus lagi bila Anda bisa menambahkan narasi di  video tersebut. Tips edit video di Reels yang satu ini pasti akan berhasil membawakan Anda banyak viewers. Netizen di Indonesia juga mempertimbangkan akun konten kreator yang bisa membawakan narasi dengan bagus. Dengan kata lain, ini bisa menjadi ciri khas Anda dan dapat menarik para viewers untuk menjadi followers Anda.

Menambahkan Efek dan Transisi di Video

Menampilkan gambar yang itu-itu saja di scene video Reels bisa membuat viewers bosan. Mereka tidak akan tertarik untuk menonton konten video Anda hingga selesai apabila Anda tidak bisa menampilkan video yang attractive. Penting untuk Anda ketahui bahwa konten kreator di Instagram jumlahnya ada banyak. Sehingga tidak menutup kemungkinan para viewers melewatkan konten bahasan Anda dan menyimak konten yang sama dari orang lain.

Cara sederhana agar video Reels Anda terlihat menarik dan tidak membosankan adalah dengan menambahkan efek dan transisi di video. Efek-efek bergerak sederhana yang sesuai dengan irama konten video bisa membantu tampilan video menjadi lebih komunikatif. Pengaplikasian transisi bisa membantu Anda memberikan rasa kepuasan menonton video kepara viewers.

Kedua hal ini bisa Anda aplikasikan secara bersamaan dalam sebuah video Reels. Tetapi Anda juga harus mempertimbangkan kesesuaian item efek yang ingin Anda aplikasikan ke video. Karena penggunaan efek video yang tidak sesuai bisa membuat video terkesan asal-asalan dan tidak profesional.

Itulah tips edit video di Reels yang bisa Anda coba untuk menyuguhkan konten video pendek menarik untuk viewers Anda. Silakan mencobanya untuk pengunggahan konten video Reels Anda selanjutnya.