Tips Edit Video di Capcut Bagi Pemula

tips edit video di capcut
Photo by Elliot Teo on Unsplash

Capcut merupakan aplikasi mengedit video yang tersedia untuk smartphone android dan iOS. Aplikasi ini sering sekali menjadi pilihan aplikasi edit video para konten kreator yang ada di TikTok. Capcut mampu memberikan semua kebutuhan konten kreator untuk menyajikan video pendek yang menarik dan informatif. Tips edit video di Capcut dapat membantu Anda untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi ini.

Bagi Anda yang masih pemula dalam mengedit video tidak perlu khawatir kesulitan untuk menerapkan tips-tips yang akan dibahas. Karena aplikasi Capcut sendiri sangat mudah untuk Anda operasikan bahkan bila masih pemula sekalipun. Jadi, Anda pasti bisa mengikuti setiap tips-tips edit videonya dengan baik.

Tips Edit Video di Capcut untuk Pemula

Nah, berikut ini adalah ulasan beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengedit sebuah video di aplikasi Capcut. Tips berikut ini akan terbilang cukup sederhana, namun bisa menghasilkan video yang menarik. Pastinya hasil video editan dari Capcut tidak akan mengecewakan Anda.

Cara Memangkas Video di CapCut

Jika Anda ingin mengikuti tren pengeditan video ini, berikut adalah langkah-langkah dasar untuk memulai. Untuk mengikuti tren pengeditan video ini, Anda harus memastikan bahwa CapCut telah diunduh ke perangkat Anda. Cukup buka toko aplikasi Anda dan unduh aplikasi gratisnya.

Buka aplikasi dan ketuk tombol “Proyek Baru” di bagian atas layar Anda. Layar baru akan muncul yang menampilkan video rol kamera Anda. Pilih klip video dari galeri Anda. Kemudian, klik tombol “Tambah” di sudut kanan bawah layar Anda.

Setelah Anda mengunggah file video pilihan Anda, CapCut mengarahkan Anda ke ruang kerja utama Anda. Ini adalah dimana keajaiban terjadi. Di ruang kerja Anda, Anda akan melihat panel pratinjau. Panel ini adalah bagian atas layar Anda dan menampilkan pratinjau seperti apa tampilan klip video yang Anda edit.

Di bagian bawah layar Anda adalah bilah alat garis waktu. Di sinilah Anda akan melakukan semua pengeditan Anda. Untuk memangkas atau mempersingkat klip video Anda, arahkan kursor ke kepala putar (garis putih tepat di bawah tombol putar), dan seret ke tempat Anda ingin memulai atau mengakhiri video kami.

Sekarang, video Anda akan mulai di lokasi di mana Anda meletakkan play head. Klik tombol Simpan setelah pemangkasan.

Menghidupkan Video dengan Musik

Aplikasi Capcut bisa Anda gunakan untuk menambahkan musik di video Anda. penambahan musik ini bisa membantu sebuah video menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siapapun yang menontonnya. Cara untuk menambahkan musik di Capcut sendiri cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke menu audio yang ada di barisan toolbar bawah.

Ketika Anda sudah memasukkan musik yang Anda inginkan, Anda bisa mengatur kapan musik tersebut mengiringi video Anda. Anda juga bisa mengatur beberapa musik sekaigus untuk satu saja video di Capcut. Musik yang ada bisa Anda ganti pula dengan rekaman suara Anda terkait narasi dari video yang Anda edit. Tentunya hal ini akan semakin menambah kemenarikan dari video tersebut.

Jangan lupa untuk mematikan sound asli dari video yang Anda edit ketika menerapkan tips edit video di Capcut yang satu ini. Hal ini agar suara tidak bertabrakan dengan musik yang akan Anda masukkan. Pilihan untuk menonaktifkan audio asli dari video ada di bagian timeline sebelah kiri. Anda hanya perlu menekannya hingga tulisan berubah menjad ‘unmute clip audio’.

Video Lebih Informatif dengan Tambahan Teks

Anda mungkin berpemikiran bahwa video itu merupakan sajian gambar dan musik dalam waktu yang bersamaan. Tidak salah memang karena sering sekali sajian video pendek di berbagai media sosial merupakan hasil kolase foto yang mendapatkan transisi. Tetapi bila Anda berniat untuk menyampaikan informasi  tertentu Anda bisa menggunakan fitur teks yang ada di Capcut.

Bagi beberapa orang mengganggap teks justru merusak tampilan video karena menutupi sebagian video dengan teks tersebut. Tidak melulu demikian karena teks narasi di video dapat membantu memperjelas informasi yang akan Anda sampaikan kepada penonton. Anda bisa mengemas narasi tersebut menggunakan bahasan yang sarat akan makna dan padat sehingga tidak membutuhkan banyak tempat.

Perhatikan pula pemilihan font, ukuran teks, dan warna dari tulisan sebelum mempostingnya. Pemilihan yang salah dapat meyulitkan penonton dalam membaca dan memahami tulisan Anda di video tersebut. Anda juga harus memperhatikan penempatan teksnya agar tidak mengganggu video yang ingin Anda sampaikan ke penontonya. Jadi, teks video sifatnya hanya untuk memperjelas informasi saja dan tidak harus ada di setiap video.

Demikianlah tips edit video di Capcut yang bisa Anda simak dan pahami. Silakan mencoba untuk menerapkan tips tersebut ketika mengedit video Anda melalui Capcut.