Fitur Baru yang Ada di Tiktok 2022

fitur baru yang ada
Photo by Alexander Shatov on Unsplash

Fitur Baru yang Ada di Tiktok – Seiring kemajuan zaman, kini orang tidak lagi merasa asing dengan berbagai aplikasi media sosial seperti TikTok atau Instagram.

Fitur baru yang ada di TikTok pun semakin menarik minat para pengguna. Mereka mendapat banyak keseruan baru saat menggunakan media sosial dengan basis video dan musik tersebut.

TikTok sendiri baru masuk ke Indonesia pada tahun 2017. Awal mula diluncurkan, aplikasi ini tidak banyak mendapat perhatian dari pengguna android.

Namun, lambat laut pamornya semakin meningkat setelah pihak TikTok melakukan beberapa perubahan. Termasuk dengan menambahkan beberapa fitur baru.

Riwayat TikTok di Indonesia

TikTok sendiri merupakan pelopor sistem baru dalam aplikasi media sosial. Setelah berhasil meraih kepopuleran di negara asalnya, mereka pun mulai melebarkan sayap dengan mengembangkan TikTok ke berbagai negara. Ditambahkan pula banyak fitur baru yang ada di TikTok agar calon pengguna semakin tertarik.

Dirilis pada tahun 2016, TikTok di negara asalnya lebih dikenal dengan Douyin. Bisa digunakan setelah sebelumnya diinstall dulu di android atau IOS. Sedang penggunanya sebelum pandemi, tercatat ‘hanya’ 37 juta. Akan tetapi, angka tersebut melesat dengan cepat, diketahui pada tahun 2021 penggunanya mencapai 92,2 juta.

Namun, semakin populer sebuah aplikasi, maka semakin banyak pula penirunya. Hingga akhirnya pihak TikTok memutuskan untuk membuat hal paten pada platform mereka. Dengan demikian Pamor TikTok juga semakin meningkat, seiring dengan pertumbuhan penggemar setianya dari berbagai belahan dunia.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pengguna TikTok terbanyak selain India dan China. Terlebih semenjak ada fitur baru yang ada di TikTok, membuat para pengguna semakin ketagihan menggunakan aplikasi satu ini.

Meski begitu, bukan berarti keberadaan TikTok di Indonesia bebas dari polemik. Beberapa tahun silam TikTok sempat diblokir oleh pemerintah selama dua minggu. Baru setelah ada kesepakatan antara Menkominfo dan TikTok, platform ini diizinkan untuk masuk ke Indonesia lagi.

Pemblokiran itu terjadi karena adanya permintaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Komisi Perlindungan Anak, dan laporan dari lapisan masyarakat. Pemblokiran dibuka setelah ada perbaikan dan pembersihan konten ilegal oleh pihak TikTok.

Kini TikTok dikenal dengan luas di berbagai wilayah Indonesia. Penggunanya tidak hanya kaum remaja, tetapi datang dari berbagai tingkat usia. Anak-anak pun tidak asing dengan hiburan yang ada di TikTok. Begitu juga dengan orang dewasa yang ikut mengambil bagian dalam aplikasi ini.

Fitur Baru yang Ada di TikTok, Manjakan Pengguna

Fitur baru yang ada di TikTok merupakan salah satu strategi dari pihak pengembang agar pengguna mereka semakin betah. Berikut ini adalah beberapa fitur yang ditambahkan untuk mendukung kreativitas penggunanya:

Family Safety Mode

Tidak bisa dipungkiri bahwa kini banyak orang yang kecanduan media sosial. Media sosial bahkan menjadi kewajiban yang harus selalu diakses setiap harinya. Hal ini pula yang mendasari pihak TikTok untuk membuat fitur baru. Fitur bernama family safety mode ini khusus dibuat untuk membatasi tontonan anak-anak.

Keberadaan fitur ini juga memberi kemudahan kepada orang tua dalam membatasi anak-anak mereka saat membuka TikTok. Apalagi tidak semua konten yang ada dalam media sosial ramah kepada anak.

Family safety mode juga meyediakan pembatasan waktu saat menggunakan media sosial. Sehingga bisa digunakan untuk membatasi penggunaan TikTok. Pasalnya jika dibiarkan terus menerus berselancar di dunia maya, akibatnya bisa menimbulkan kecanduan pada gadget.

Filter Komentar

Salah satu alasan pemblokiran pada tahun 2018 silam adalah karena banyaknya komentar bernada kebencian. Fitur baru yang ada di TikTok selanjutnya adalah filter komentar sesuai dengan kosakata yang telah disiapkan oleh pihak pengembang.

Meski ada pembatasan, bukan berarti berkomentar di TikTok menjadi tidak menyenangkan lagi. Para pengguna masih bisa berkomentar dengan nyaman dalam mengungkapkan perasaan mereka.

Filter Sticker

TikTok terus berinovasi dengan menambahkan stiker baru ketika pengguna membuat konten baru. Stiker yang bisa digunakan antara lain adalah efekhot, classic, selfie, hair, funny, interactive, heart, vlog, animal juga glasses.  Video yang diunggah pun menjadi lebih kreatif dibanding tidak memakai stiker.

Bersamaan dengan penambahan fitur baru yang ada di TikTok berupa stiker. Kini juga ditambahkan dengan efek video berupa efek visual, efek sticker, efek transition, dan efek split. Selain itu ada pula pengguna sebagai kreator juga bisa mengatur waktu untuk video yang akan diunggah.

Voice Changer

Di samping stiker dan efek video, TikTok juga menawarkan fitur berupa Voice Changer. Saat mengunggah video, suara bisa diubah menjadi berbagai macam efek sesuai keinginan kreator. Lalu mengunggahnya untuk dibagikan kepada teman-teman atau pada para pengikut. Keberadaan oengubah suara pun membuat keseruan berbagi video menjadi lebih seru.

Semua fitur baru yang ada di TikTok ini bisa digunakan oleh para konten kreator di android atau iPhone. Semoga informasi ini dapat membantu mengenali dan memahami TikTok serta fitur yang ada di dalamnya.