6 Fitur Baru di Instagram yang Wajib Diketahui

fitur baru di instagram
Photo by Claudio Schwarz on Unsplash

Fitur baru di Instagram membuat penggunanya semakin dimanjakan, sehingga popularitas media sosial satu ini semakin meningkat. Tingkat kepopuleran Instagram bahkan mampu menyaingi Facebook yang lebih dulu hadir. Begutu juga pengguna Instagram di Indonesia, terutama dari generasi remaja. Mereka lebih menyukai aplikasi ynag terkenal dengan foto-foto selfie ini.

6 Fitur Baru di Instagram di Tahun 2021

Tercatat lebih dari 1 miliar pengguna setia Instagram, angka tersebut pun diprediksi akan terus bertambah. Instagram pun terus melakukan perombakan agar pengguna aplikasi mereka tidak berpaling ke media sosial lain. Meski sempat memutuskan menghapus beberapa fitur lama, kini ditambahkan 8 fitur baru di Instagram.

Berikut adalah beberapa fitur yang baru ditambahkan pada tahun 2021:

Professional Dashboard

Di awal tahun 2021, Instagram telah memperkenalkan fitur terbaru yang disebut dengan professional dashboard. Dasbor profesional itu bisa dikunjungi pada profil pengguna Instagram, tepatnya di bagian atas. Meski dikatakan fitur baru di Instagram, tetapi sebenarnya dasbor profesional ini hanya mengumpulkan beberapa fitur yang telah ada ke dalam satu bagian saja.

Fitur dasbor profesional ini hanya bisa diakses oleh akun Instagram bisnis dan akun Instagram kreator. Jadi pengguna bisa mengatur Instagram shopping, promosi, insight, kemitraan dan berbagai fitur lain tanpa repot membuka halaman lain. Pengguna juga bisa menggunakan sumber informasi dan artikel bagaimana cara berbisnis yang telah disediakan oleh Instagram.

Stiker untuk Instagram Story

Instagram telah menambahkan banyak stiker baru pada bagian IG Story. Tujuannya agar pengguna dapat menambahkan stiker tersebut untuk berbagai pengalaman seru. Stiker yang ditambahkan antara lain adalah:

  • Tantangan
  • Stay at home
  • Stiker DM Saya
  • Stiker untuk donasi

Facebook Shop

Facebook telah banyak membawa perubahan di e-commerce dengan berbagai gebrakan terbaru mereka. Salah satunya dengan meluncurkan Facebook shop yang dapat diakses menggunakan Facebook atau melalui Instagram. Pemilik akun bisnis pun dapat mengembangkan katalog mereka yang sesuai dengan bisnis masing-masing.

Pengguna akun tinggal memilih produk yang akan diiklankan. Lalu menambahkan sampul menarik serta tema yang mampu meningkatkan daya tarik produk tersebut pada pembeli. Fitur ini diklaim dapat mendongkrak penjualan.

Dengan adanya fitur baru di Instagram Shop, para pembeli tidak perlu lagi keluar dari aplikasi jika ingin berbelanja. Apalagi ada katalog produk yang semakin memudahkan calon pembeli. Facebook shop kini bisa digunakan di Indonesia, sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh pengguna dari luar negeri.

Mengunggah Foto di Banyak Akun

Fitur baru di Instagram satu ini sangat memudahkan pengguna, terutama untuk menghemat waktu pengguna yng memiliki banyak akun. Jika Anda ingin mengunggah konten, tidak perlu melakukannya satu per satu. Cukup dengan menggunakan satu akun izinkan beberapa opsi untuk mengunggah konten tersebut dengan banyak akun.

Hanya saja fitur ini tidak disarankan untuk akun instagram yng fokus pada bisnis atau kreator. Pasalnya mengunggah konten yang sama pada akun berbeda akan membuat engagement-nya turun drastis.

Preview IGTV

Fitur baru di Instagram yang paling populer saat ini adalah IGTV. Di mana tayangan video tersebut mampu menarik perhatian pengunjung kepada akun Instagram Anda. Aplikasi media sosial tersebut pun kini memperlakukannya sebagai postingan biasa.

Jika Anda ingin mengunggah video, maka video tersebut akan muncul di preview berita maupun profil para follower. Semakin menarik Preview tersebut, semakin mudah menarik minat para penonton. Follower pun mudah didapatkan, walau sebenarnya follower ini bisa dibeli untuk kepentingan penjualan.

Pratinjau atau preview IGTV selama 59 detik akan memberi opsi pada para penonton untuk menonton lebih lengkap. Kebanyakan penonton tidak ingin melakukannya begitu saja, jadi dibutuhkan motivasi untuk membuka IGTV. Jadi buat preview video tersebut dengan seunik mungkin.

Dark Mode

Anda berada dalam perjalanan dan baterai semakin menipis dayanya, SEDANGKAN anda ingin membuka Instagram? Platform media sosial ini sangat mengerti kebutuhan pengguna. Jadi mereka pun meluncurkan fitur dark mode untuk menghemat daya baterai. Sehingga bisa bertahan lebih lama.

Di sisi lain dark mode juga memiliki tampilan ynag lebih menarik. Hanya saja Anda tidak bisa mengaktifkan dark mode ini langsung dari aplikasi Instagram di ponsel. Melainkan harus melalui pengaturan umum yang diaktifkan dari ponsel masing-masing pengguna.

Fitur baru di Instagram ini akan memberikan saran bagi tiap pengguna untuk berhenti mengikuti beberapa akun yang dinilai kurang berinteraksi. Ada dua pilihan yang diberikan, yakni: ‘paling tidak berinteraksi dengan’ atau ‘paling banyak tampil di pratinjau’. Orang yang paling tidak banyak berinteraksi itulah yang akan di- unfollow.

Demikian 8 fitur baru di Instagram yang sengaja ditambahkan untuk memberikan pengalaman baru pada para pengguna. Selain berinteraksi dengan teman di dunia maya, Anda juga dapat berbisnis menggunakan fitur yang ada.